KARAKTERISTIK MANAJEMEN RASULULLAH




1. Ke-Tuhan-an
Ciri utama dan pertama dari manajemen Rasulullah adalah manajemen yang didasarkan oleh nilai-nilai yang diajarkan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala yang terhimpun dalam Al-Qur’an. visi yang bernafaskan nilai ke-Tuhan-an inilah yang menjadikan gaya manajemen Rasulullah sukses secara gemilang dalam segala aspek kehidupan.
2. Universal
manajemen Rasulullah adalah manajemen yang universal / syamil baik dari sisi waktu maupun tempat. sehingga manajemen Rasulullah dapat diterapkan dimana saja, kapan saja, dan oleh siapa saja.
3. Humanis
Manajemen Rasulullah adalah manajemen yang humanis. Yaitu manajemen yang sesuai dan selaras dengan kehidupan manusia. Karena Rasulullah adalah manusia biasa. Sehingga semua sikap, prilaku dan dan prestasinya dapat kita contoh. Bedanya Rasulullah menerima wahyu dan terjaga dari dosa dan kesalahan {ma’shum} sementara kita tidak.
4. Realistis
Manajemen Rasulullah adalah manajemen yang realistis. Yaitu manajemen yang dapat dilakukan oleh kita semua. Sebagai bentuk realitas sejarah maka dikenal ‘asbaabun nuzul’ dalam ilmu-ilmu Al-Qur’an dan ‘asbaabul wurud’ dalam ilmu-ilmu Al-Hadits.
5. Harmonis
manajemen Rasulullah adalah manajemen yang seimbang atau harmonis yang memadukan semua unsure manajemen untuk mencapai tujuan dalam komposisi yang seimbang, serasi dan selaras. Keharmonisan ramuan manajemen Rasulullah inilah yang menghasilkan berbagai prestasi dan kesuksesan amal. Sehingga hasilnya selalu optimal, efektif, efisien dan ekonomis.
6. Berkeadilan
Yang dimaksud dengan berkeadilan yaitu memberikan tugas, hak, kewajiban dan kewenangan sesuai dengan kompetensi, kapabilitas dan kapasitas. Rasulullah adalah manusia yang paling adil dalam memperlakukan pengikutnya, bahkan terhadap musuh, hewan dan tumbuhan sekalipun.
7. Mudah
Manajemen Rasulullah adalah manajemen yang mudah. Tidak rumit, tidak memberatkan dan tidak berlebihan. Karena semuanya telah diukur dan diformat sesuai dengan kapasitas dan kapabilitas manusia.
8. Dinamis
Manajemen Rasulullah adalah manajemen yang dinamis karena menghadapi 1001 permasalahan yang riil, dimana harus dipecahkan setiap saat dan waktu. Dalam kondisi sulit ataupun mudah. Indahnya, semua permasalahannya tersebut dapat dipecahkan oleh Rasulullah dengan baik.

Disadur dari buku RASULULLAH ‘Way Of Managing People’
Haryanto, P.T Khalifa Jakarta Timur

Islamic Motivation Centre Padangsidimpuan
Jl. H.T Rijal Nurdin Km; 4,5 Sihitang Padangsidimpuan
Sumatera Utara
081397295464 - 085270616930

Post a Comment

0 Comments