KEMULIAAN HARI JUM'AT


{Hamba ALLAH, yang selalu belajar dari kehidupan}
Facebook-1: Subroto Siregar
Facebook-2 : Toto Siregar

PADA suatu hari Nabi Musa a.s naik ke sebuah bukit. Dari tempat itu terlihat suatu kaum yang tekun beribadat. Nabi Musa a.s bertanya kepada mereka tentang ibadat yang mereka lakukan itu. Mereka menjawab, "Kami ini termasuk umatmu juga. Kami telah menyembah Allah dengan tekun selama tujuh puluh tahun. Kami makan buah-buahan dan minum air hujan. Kami hidup penuh kesabaran."

Nabi Musa a.s amat senang mendengarnya. Kemudian turun wahyu dari Allah SWT, firman-Nya, "Hai Musa, bagi umat Muhammad nanti, akan ada suatu hari dimana orang mengerjakan ibadat hanya dua rakaat. Pahalanya akan lebih baik daripada ibadat umatmu yang tujuh puluh tahun ini."

Mendengar firman Allah itu, Nabi Musa bertanya, "Ya Allah, hari apakah yang dilebihkan itu?"
Musa pun memohon kepada Allah agar untuk umatnya disediakan pula satu hari yang dilebihkan itu. Allah berfirman, "Untukmu, hari yang berbahagia itu adalah hari Sabtu. Untuk (Nabi) Isa hari Ahad (Minggu). Untuk (Nabi) Ibrahim hari Senin. Untuk (Nabi) Zakaria hari Selasa. Hari Rabu untuk (Nabi) Yahya. Sedangkan hari Kamis untuk (Nabi) Adam. Jum'at adalah untuk umat (Nabi) Muhammad."
Nabi Musa a.s bersyukur atas firman Allah itu.

Menurut hadist Nabi Muhammad SAW, doa seseorang pada hari Jum'at adalah doa yang makbul atau langsung dikabulkan oleh Allah SWT. Jum'at adalah hari yang penuh berkah.

Siapa yang awal datang ke masjid di hari Jum'at, diberi pahala ibarat berkorban seekor unta. Orang yang datang lebih lambat diberi pahala ibarat seekor sapi. Yang datang lebih lambat lagi, ibarat berkorban seekor domba. Dan orang yang datang pada saat-saat terakhir ibarat berkorban seekor ayam. Siapa yang datang paling akhir, ibarat berkorban sebutir ayam.

Siapa yang mandi sebelum shalat Jum'at diampuni segala dosanya. Setiap langkah perjalanan ke masjid untuk shalat Jum'at akan ditulis oleh Malaikat Allah seperti ibadah dua puluh tahun. Orang yang melakukan shalat Jum'at, pahalanya sama dengan amalan dua ratus (200) tahun.

Di Baitul Makmur (langit ketujuh) ada suatu menara dari perak yang berwarna cemerlang berkilau. Di hari Jum'at naiklah malaikat Jibril ke atas menara itu untuk mengumandangkan adzan. Kemudian malaikat Israfil berkhutbah dan malaikat Mikail menjadi imam shalat Jum'at. Semua malaikat ikut shalat Jum'at.
Setelah selesai malaikat Jibril berkata, "Semua pahala adzan yang kulakukan, kuberikan pada sekalian muazzin di antara umat Muhammad."
Berkata pula malaikat Israfil, "Semua pahala khutbah-ku, kuserahkan pada umat Muhammad yang menjadi khatib di muka Bumi."
Berkata pula Malaikat Mikail, "Semua pahalaku karena menjadi imam dalam shalat Jum'at ini, aku berikan pada semua orang di kalangan umat Muhammad yang menjadi imam di hari Jum'at."
Semua malaikat yang menjadi makmum shalat Jum'at pun tak mau ketinggalan. Mereka pun berkata, "Semua pahala shalat kami berjamaah ini, kami berikan pada semua orang yang melakukan shalat Jum'at berjamaah."

Allah SWT berfirman, "Wahai sekalian malaikatku! Adakah kamu perhatikan bahwa Allah Maha Pemurah? Demi Kemuliaan dan Kesucian-Nya, orang-orang yang shalat Jum'at diampuni dosa-dosa-nya. Merekalah yang taat pada perintah Allah dan setia pada kekasih-Nya, Muhammad."

SELAMAT MENUNAIKAN IBADAH JUM'AT BAGI SELURUH SAHABAT INSPIRASI "TOTO SIREGAR" DAN JUGA SELURUH UMAT ISLAM SEDUNIA.... SEMOGA AMAL IBADAH KITA DITERIMA DISISI ALLAH SWT.

Diambil dari : Buku CERITA TELADAN PARA NABI & MUJAHID (Bab V)

Post a Comment

0 Comments