Hari Guru Indonesia

Guru adalah Profesi Mulia; Mencerdaskan Bangsa

Ada apa dengan Guru Indonesia? Tepat tanggal 25 November setiap tahun dirayakan atau diperingati sebagai Hari Guru Nasional di Indonesia. Tapi bukankah udah ada Hari Pendidikan yang diperingati setiap tanggal 2 Mei??? Terus kenapa harus ada Hari Guru lagi?

Sahabat Inspirasiku,
Jika kita menilik Sejarah Perjuangan Bangsa ini, maka pada tanggal 24 sampai dengan 25 November 1945 Para Guru di Indonesia membentuk Kongres Guru untuk mendukung kemerdekaan Indonesia. Arena Kongres ini merupakan wadah perjuangan bagi guru untuk mempertahankan pendidikan di Indonesia yang pada saat itu masih terus mengalami agresi militer dari penjajah.
Sahabat Inspirasiku,
Pada awalnya Perkumpulan Guru sudah ada sejak zaman pemerintahan Belanda pada tahun 1912 dengan nama Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB) dan pada tahun 1932 Persatuan ini berubah nama menjadi Persatuan Guru Indonesia (PGI), inilah yang menjadi cikal bakal Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).
Sahabatku,
Pada Keputusan Presiden No. 78 Tahun 1994 telah tercantum tentang Hari Guru Nasional juga diperkuat dengan Undang-Undang No.14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Sehingga setiap tanggal 25 November akan diperingati sebagai Hari Guru Nasional.

“Guru”
Oleh : Subroto Siregar (*)

Guru....
Engkau adalah sosok manusia yang sederhana,
Hidupmu penuh dengan kegiatan mulia,
Engkau mengajari kami membaca, menulis dan berhitung
Hingga akhirnya kami dapat menikmati indahnya dunia ini.
Guru....
Jasamu tidak akan mampu kami balas,
Hanya do’a dan juga pesanmu akan terus kami amalkan,
Agar kelak terus mendidik dunia ini,
Terima kasih Guru...

Engkaulah “Pahlawan Tanpa Tanda Jasa”

(*) Trainer Motivasi & Character Building

Post a Comment

0 Comments